• Thu. Apr 25th, 2024

Lembaga Penjamin Mutu Internal

Universitas Aisyah Pringsewu

Pelatihan Audit LPMI

ByLPMI UAP

Jan 15, 2021

Bertempat di Ruang Meeting Yayasan Aisyah Lampung dilaksanakan Pelatihan Audit Internal untuk Perguruan Tinggi tahap yang ke III. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan dalam melaksanakan Audit Internal. Pelatihan tersebut disampaikan secara langsung oleh Zulkifli selaku Ketua STT Aisyah Pringsewu.

Zulkifli mengatakan, tujuan pelatihan adalah peningkatan pemahaman dan ketrampilan merancang Sistem Penjaminan Mutu, Sistem Audit Internal dan mempersiapkan Auditor Internal Mutu di Perguruan Tinggi (dilingkungan Kampus Aisyah).

Peningkatan mutu ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan adanya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) yang terdiri atas Sistem Penajminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau akreditasi, dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). SPMI sebagai salah satu sub komponen memiliki siklus PPEPP yang salah satunya adalah E (Evaluasi). Salah satu bentuk evaluasi internal perguruan tinggi adalah dengan melakukan Audit Mutu Internal untuk mendapatkan ruang-ruang peningkatan yang akan terus menerus ditingkatkan lagi (Continuous Quality Improvement).

Peran Perguruan Tinggi sebagai agents of change and development mempunyai peran strategis dalam peningkatan daya saing bangsa (nation competitiveness). Kebijakan dasar pendidikan tinggi menekankan bahwa Perguruan Tinggi harus aktif berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui keluaran produk dan jasa. Oleh karena itu setiap PT perlu memperbaiki kapasitas fisik, tata kelola, pendanaan dan sumberdaya manusia. Selain itu, juga perlu membangun unit penjaminan mutu sehingga menjadi institusi yang sehat dan berdaya saing. Penjaminan mutu merupakan bentuk tanggungjawab institusi pendidikan tinggi kepada publik (stakeholders). Kepuasan stakeholders melalui layanan prima dan pencapaian visi menjadi prioritas sistem penjaminan mutu. Walaupun sistem penjaminan mutu bersifat internally driven, namun Dikti terus menerus memantau dan memonitor implementasi sistem penjaminan mutu kegiatan akademik dan non akademik dalam bentuk Laporan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada setiap perguruan tinggi, ucapnya.

Aplikasi SIAP merupakan aplikasi Sistem Informasi Audit Internal Kampus Aisyah Pringsewu, Saat Ini Sedang dilakukan Audit Internal Program Strudi dan Unit yang berada di lingkuangan Kampus Aisyah Pringsewu yaitu: STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu, dan AKBID MBN. Dengan adanya aplikasi ini bisa meningkatkan performance Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) Asiyah Pringsewu dalam menentukan kebijakan terhadap Program studi maupun Unit di Kampus Aisyah Pringsewu (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu dan AKBID MBN).

Semoga Aplikasi SIAP bisa dijadikan sebagai referensi data Yayasan Aisyah Lampung dalam mengambil sebuah langkah strategis terhadap Program Studi dan UNIT Kampus Aisyah Pringsewu (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu dan AKBID MBN) demi untuk kemajuan Kampus Aisyah Pringsewu (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu dan AKBID MBN).(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *